Minggu, 02 November 2008

CITA RASA MAKASSAR

Balla' Wangi: Cita Rasa Makassar dalam Kemasan Modern

EGIDIUS PATNISTIK/KOMPAS.COM
/
Selasa, 21 Oktober 2008 15:40 WIB
Balla' dalam bahasa Makassar artinya rumah. Balla' wangi berarti rumah wangi, rumah yang menebar aroma wangi.
Seakan ingin menegaskan makna dua kata itu, Restoran Balla' Wangi di Jalan Wolter Monginsidi Nomor 33, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, membakar sate dan ikan di luar restoran, tepatnya di samping kiri pintu masuk. Asap pembakaran pun mengepul dan menebarkan aroma sate dan ikan bakar ke lingkungan sekitar.
Balla' Wangi, yang belum lama beroperasi, memperpanjang deretan restoran di Jalan Wolter Monginsidi yang sedianya merupakan kawasan permukiman dan menambah daftar pilihan tempat makan bercita rasa Makassar di Ibu kota. Tempat itu berkapasitas 70 kursi. Di dalamnya ada ruang VIP untuk maksimal 10 orang.
Interior restoran didesain simpel-modern dengan nuansa kayu dan bambu serta lampu-lampu kristal yang bergelantungan. Tata ruangnya dibuat semibar sehingga menguatkan kesan santai. Orang pun jadi betah berlama-lama di tempat itu.
Balla' Wangi memang menawarkan masakan tradisional dari daerah angin mamiri dalam kemasan modern. Menu unggulannya adalah nasi goreng merah, mie goreng TITI, aneka ikan bakar, dan coto makassar. Ada pula kepiting saos lada hitam yang sesungguhnya merupakan perpaduan cita rasa Makassar dengan Cina.
Coto Makassarnya sangat dipoetjiken. Kuahnya agak kental karena mengandung tepung kacang merah. Rasanya gurih. Tepung kacang merahnya terasa lembut. Daging sapinya pun demikian, empuk dan lembut.
Nasi goreng merah tampilannya sangat menggoda. Warna merah pada nasi goreng itu bukan pengaruh cabai, tetapi karena tomat, jadi tidak pedas. Chicco N Akhmad, konsultan tempat itu, mengatakan, tomat untuk nasi goreng merah sengaja didatangkan dari Makassar. "Tomatnya khas warna dan rasanya, kalau pakai tomat dari tempat lain, warna dan rasa nasi gorengnya akan beda," kata Chicco.
Balla' Wangi juga menyajikan sate sapi. Rasanya manis, gurih, dan beraroma rempah. Sebagai penutup, jangan lupa pesan es palubutung.
Di sini, makanan disajikan dalam porsi cukup besar. Anda dapat pesan satu porsi menu untuk berdua. Soal harganya, kisaran Rp 15.000-Rp 79.000 per item. Jadi, tinggal berhitung sesuai kekuatan kantong Anda.
Alamat: Jalan Wolter Monginsidi Nomor 33 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Telepon (021) 7247468. Buka : 11.00-22.00 (weekdays), 11.00-22.30 (weekend).
EGP Sent from my BlackBerry © Wireless device from XL GPRS/EDGE/3G Network

Tidak ada komentar: